Cara mengatasi Insomnia berlebihan


Hay guys , jaman sekarang ini makin banyak orang yang terkena insomnia, dulu kalo jam 10 malem tuh dah sepi banget bandingkan dengan sekarang kalo jam 10 masih rame bahkan jam 12 malam pun masih banyak temen temen saya yang belum tidur malah update status facebook, bbm, tweter dan lain lain. Dulu kalo jam 12 bisanya internetnya kenceng sekarang internetan jam 12 malam bagaikan internetan jam 12 siang karena semakin banyaknya pengguna bandwith pada malam hari jadi bandwith yang sekrang ini semakin penuh. Sudahlah ceritanya nanti aja hehe, baiklah tahukah anda mengenai insomnia? Yah insomnia adalah kecanduan Gak tidur malam alias bergadang alias gak bisa tidur malam, banyak temen temen saya yang mengalami hal – hal serupa, tapi dari sekian orang yang mengalami insomnia pasti pada kegiatan sehari –hari sering mengalami ngantuk, tepar, capek, gak bisa mikir,dan lain – lain . maka mungkin anda perlu menghilangkan insomnia secepatnya agar kegiatan anda tak terganggu pada esok harinya, lalu bagaimanakah cara menghilangkan insomnia berlebihan? Berikut beberapa tips untuk menghilangkan insomnia berlebihan :

Jangan Minum Kopi

Nah yang satu ini menjadi tips pertama karena tanpa kopi jadi kantuk , dengan kopi jadi bergairah. Hal ini menjadi factor utama bagi para pengidap insomnia. Kopi diketahui memiliki banyak kafein yang dapat membuat jantung anda berdetak lebih cepat sehingga membuat anda menjadi tidak kantuk. Jadi bagi anda yang gak mau insom jangan minum kopi, tapi tenag saja bagi para pecinta kopi tidak usah khawatir, anda boleh – boleh aja mengkonsumsi kopi tapi dengan takaran kafein yang rendah agar tak berefek dengan detak jantung anda, contoh kopi berkafein rendah : cofemix, luwak white cofe.

Minumlah susu

Minum susu diketahui dapat membuat anda kantuk entah kenapa hal ini sudah menjadi tradisi orang barat sebelum tidur minum susu agar dapat tidur. Mungkin cara yang satu ini tidak mempan bagi anda karena setiap orang berbeda – beda tergantung kondisi tubuh.

Jangan terlalu memikirkan sesuatu

Pernahkah anda memikirkan seseorang yang sangat anda cintai kemudian gak bisa tidur gara – gara mikirin si dia, pastinya pernah dan inilah factor utama yang menyebabkan anda tidak bisa tidur karena jika dinalar secara logis jika kita sering berpikir dan terlalu berpikir kapan otak kita akan memerintahkan tubuh anda untuk beristirahat alias tidur , tapi biasanya jika tubuh anda sudah sangat tepar walaupun anda masih berpikir berat secara otomatis tubuh anda akan diperintahkan untuk tidur.

Jangan paksakan untuk melek

Ketika anda sudah mulai kantuk dan masih ada tugas atau pekerjaan yang belum selesai mungkin anda akan memaksakan mata anda untuk melek walaupun rasanya sudah berat, hati – hati hal ini akan menyebabkan anda tidak bisa tidur sampai pagi, hal ini dikarenakan otak mempunyai siklus tidur walaupun otak masih bekerja saat kita masih tidur. Otak mempunyai jadwal tidur sendiri agar tubuh kita dapat beristirahat, saat lelah otak memerintahkan tubuh untuk tidur dan itu biasanya terjadi saat malam, jika kita memaksakan melek atau insom maka siklus tidur akan berubah dan akan kacau. Maka dari itu tidur lah pada waktu yang dianjurkan yaitu pada malam hari.

Jangan tidur siang lama – lama.

Tidur sih boleh asal jangan lama – lama , tidur siang yang baik itu satu jam, tidur siang banyak memiliki manfaat salah satunya tubuh kembali menjadi bugar saat bangun dan otak menjadi fresh. Tapi ada baiknya jika kita tidak tidur siang lama – lama, agar siklus tidur kita tidak terganggu, manusia mempunyai waktu tidur minimal 8 jam per hari jadi manusia akan lelah jika tidur kurang dari 8 jam, maka dari itu atur jadwal tidur anda siang hari 1 jam dan malam hari 7 jam.

Atur jadwal tidur anda

Seperti yang sudah saya jelaskan , dengan mengatur jadwal tidur maka tidur malam tidak akan kekurangan porsi jam tidur yaitu 8 jam perhari.

Jangan khawatir atau jangan takut

Rasa resah dan takut dapat membuat anda menjadi lupa akan tidur dan akan terus terbangun saat tidur dan membuat tidur anda tidak tenang. Sebaiknya bagi anda yang mengalami rasa takut sendirian ada baiknya jika anda tidur ditemani seseorang dan nyalakan lampu, itu akan membuat tidur anda menjadi lebih tenang.

Matikan lampu saat tidur malam.

Jika anda sedang tidak diliputi rasa resah dan takut sebaiknya matikan lampu , yang satu ini merupakan cara yang efektif agar mata anda dapat beristirahat dan mudah memasuki mode alam bawah sadar

Berhitunglah

Pernahkah anda mendengar cerita fable singa yang tidak bisa tidur kemudian tidur ketika berhitung domba, nah berhitung merupakan salah satu cara yang paling efektif karena dinilai membuat otak kita menjadi lelah dengan berhitung dan berpikir. Berhitunglah maka anda akan langsung menguap pada hitungan ke 20.


Previous
Next Post »